AGAR SISWA MENYUKAI MATEMATIKA

“Duh, bête bête bête….. matematika lagi…..!”keluh Rina dalam hati.

“Pengen tidur aja deh nih…. Secara  matematika, gitu…..”, gumal Budi yang baru duduk di kelas 6 SD

“Ya ampun, kenapa sih ada yang namanya matematika…. Bikin pusing, tau !”, ungkap si kecil Yunia.
           
Ketika banyak siswa yang takut dan sebal terhadap pelajaran matematika, atau terlihat bosan, seorang guru perlu melakukan segala sesuatu yang dapat membuat pelajaran matematika menarik.  Siswa yang menyukai pelajaran matematika mampu memperoleh hasil yang baik pada standar kompetensi yang telah ditentukan.  Oleh karena itu perlu bagi seorang guru untuk melakukan segala sesuatu untuk menolong siswa agar dapat tertarik dengan pelajaran matematika.

Hal yang menarik adalah, jika seorang guru tidak menyenangi terhadap suatu subyek (pelajaran), maka aka nada kecenderungan para siswanya pun akan juga tidak menyenangi pembelajaran tersebut.  Semakin banyak energi positif yang dimiliki seorang guru terhadap sebuah subyek (pelajaran), akan semakin menyenangkan pembelajarannya. 

Seorang guru yang tidak menyukai matematika mempunyai tingkat energi positif atau pendorong yang lebih rendah dibandingkan seorang guru yang menyukai matematika.  Semakin banyak energi yang guru masukkan ke dalam perencanaan dan pembelajaran, akan menjadikan pelajaran semakin menyenangkan, sehingga siswa akan lebih antusias dan bergairah.

Ketika membuat perencanaan untuk pelajaran matematika, perlu mewujudkannya dengan kreatif. Siswa peru dilibatkan secara interaktif dalam proses belajar matematika.  Jika memungkinkan, rencanakan aktifitas yang akan menjadikan siswa-siswa berdiri dan bergerak di dalam atau di sekitar kelas. 

Beberapa tips untuk perencanaan (pembelajaran) matematika sebagai berikut:

  • Fokuskan pada satu kemampuan matematika guna menjamin kedalaman pembelajarannya
  • Antisipasi perlunya menyediakan bantuan tambahan untuk siswa-siswa yang memiliki kesulitan belajar
  • Rencanakan kegiatan tambahan untuk menjamin bahwa siswa-siswa berkemampuan maju memperoleh sesuatu yang menarik untuk dilakukan
  • Rencanakan permainan-permaian matematika jika memungkinkan
  • Rencanakan kerja kelompok yang memberikan kesempatan bagi yang siswa-siswa yang maju membantu siswa-siswa yang lambat belajarnya.

Jika itu semua sudah terlaksana, insyaalloh energi positif akan masuk kedalam pikiran siswa dan  akan membuat siswa menyenangi pelajaran matematika.

1 komentar:

  1. Tq infonya, sangat bermanfaat. Di tempat kita juga mengajarkan matematika dengan cara yang UNIK :) Salam dari Eye Level Intercon | Tlp: 021-58900691 | WA: 089613772741 https://www.facebook.com/EL.Intercon/

    BalasHapus