Tip Membina Hubungan Orang Tua dan Guru

Komunikasi antar guru dan orang tua sangatlah berperan dalam kemajuan kualitas murid. Ada beberapa yang perlu diperhatikan:

1.    Ada baiknya Anda mengetahui nama-nama siswa dan orangtuanya dua minggu sebelum awal tahun pelajaran baru tiba. Untuk membuka komunikasi tidak ada salahnya apabila Anda mengirimkan kartu ucapan kepada masing-masing siswa atau orang tuanya. Usaha ini terbukti manjur dalam mempererat hubungan begitu para siswa masuk sekolah. Umumnya siswa akan merasa lebih dekat kepada Anda.

2.    Pada pertemuan pertama dengan para orang tua tunjukan antusiasme Anda. Beritahukan kepada mereka untuk menghubungi Anda apabila menemukan masalah pada putra-putrinya. Efek positif dari eratnya hubungan Anda dengan para orang tua adalah tumbuhnya pengertian kepada para siswa dalam bersikap.

3.    Apabila Anda menemukan suatu masalah pada salah satu siswa, usahakan untuk menghubungi orang tua siswa tersebut sedini mungkin. Mereka pada umumnya akan merasa terbantu dan akan balik mendukung Anda dalam memecahkan masalah tersebut. Berikan laporan perkembangan siswa serutin mungkin sehingga Anda dapat mendiskusikannya bersama para orang tua.

4.    Informasikan secara rutin kepada para orang tua apa yang Anda berikan di kelas. Mereka akan sangat menghargai usaha Anda dalam menjalin komunikasi bersama guna memajukan kualitas siswa. Apabila memungkinkan laporan tersebut dapat diberikan secara mingguan atau bulanan.

5.    Selain sebagai pengajar, seorang guru sebenarnya juga berperan sebagai pendukung kepentingan para siswanya. Usahakan selalu aktif dalam berbagai pertemuan sekolah sehingga dapat melihat perkembangan dan juga menyuarakan kepentingan bersama.

6.    Anda tentu saja dapat berkata 'tidak' kepada para orang tua apabila dirasa permintaan mereka tidak dapat Anda penuhi. Utarakan keberatan Anda secara sopan, diplomatis, lembut namun tegas. Berikan kepada mereka penjelasan selengkap-lengkapnya sehingga tidak timbul kesalahpahaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar