BERKENALAN DENGAN QUANTUM TEACHING


Banyak dari kita yang sering mendengar istilah quantum teaching. Memang saat ini sedang marak-maraknya menambahkan kata quantum untuk berbagai metoda pengembangan diri.

Selain Quantum  yang sudah disebutkan sebelumnya, kita juga pernah mendengar quantum learning, quantum business. Bahkan seorang penulis buku mencoba memberikan judul bukunya quantum self helf untuk meraih sukses.

Namun seperti apakah sebenarnya konsep quantum learning itu? Benarkah prinsip belajar ini benar-benar seelegan namanya?

"Bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia mereka". ini merupakan konsep dari quantum teaching, dan merupakan asas utama. hal ini mengingatkan kita pada pentingnya memasuki dunia murid sebagai langkah pertama.

Untuk mendapatkan hak mengajar, hal yang pertama adalah Anda bangun sebuah jembatan autentik dalam memasuki kehidupan murid. Jadi, masuki terlebih dahulu dunia mereka.

Mengapa? Ini merupakan tanda bahwa anda memiliki izin untuk memimpin, menuntun, dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang luas. Bagaimana cara anda?

Dengan mengaitkan apa yang anda ajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran, atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, atletik, musik, seni, rekreasi, atau akademis mereka. Setelah kaitan itu ada dan terbentuk, anda dapat membawa mereka kedalam dunia anda, dan memberi mereka pemahaman anda mengenai isi dunia itu.

Prinsip-prinsip atau kebenaran tetap yang ada mempengaruhi seluruh aspek dalam quantum teaching. Anggaplah prinsip-prinsip ini sebagai struktur chord dasar dari simfoni belajar anda. prisip-prinsip tersebut adalah :

Segalanya berbicara, semua yang anda lakukan merupakan pengiriman pesan tentang belajar, segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh anda, dari kertas yang anda bagikan hingga rancangan pelajaran anda.

Segalanya bertujuan, semua yang terjadi dalam pengubahan anda mempunyai tujuan.

Pengalaman sebelum pemberian nama, proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari. karena otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakan rasa ingin tahu.

Akui setiap usaha, belajar berarti melangkah keluar dari kenyamanan, pada saat siswa mengambil langkah ini, mereka patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.

Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan!, perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar. ini merupakan sarana pelajar juara.

Quantum teaching memodelkan filosofi pengajaran dan strateginya dengan "Maestro". sekilas dapat dipaparkan mengenai metode TANDUR dalam menerapkan quantum teaching dan maknanya.

Tumbuhkan, tumbuhkan minat dengan memuaskan "Apakah manfaatnya bagiku" (AMBAK), dan manfaatkan kehidupan pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar