KELUARGA DAN PRESTASI RENDAH ANAK


Lingkungan rumah juga dapat menyebabkan anak menjadi underachiever. Bagaimana orang-orang terdekat memperlakukan anak akan mempengaruhi pencapaian anak dalam berprestasi.

Keluarga adalah faktor terpenting yang dapat menyebabkan anak mengalami underachiever. Misalnya: kurangnya perhatian, dukungan, dan kesiapan orang tua untuk membantu anaknya dalam belajar di rumah.

Harapan orang tua yang terlampau tinggi terhadap anaknya sehingga sering menimbulkan pertentangan antara orang tua dengan anak. Selain itu, banyak juga orang tua kurang menghargai prestasi belajar yang telah dicapai oleh anak.

Sikap orang tua yang demikian kurang memacu anak untuk belajar lebih giat. Anak merasa prestasi belajar yang telah dicapai kurang dihargai dan anak juga akan merasa dirinya tidak mampu berprestasi dalam belajar.

Belum lagi kasus keretakan hubungan antara orang tua (ayah dan ibu), yang sering memicu percekcokan dalam rumah tangga dan tidak banyak yang berakhir pada perceraian. Kondisi yang demikian, dapat menyebabkan anak kurang berkonsentrasi dalam belajar.

Baik karena suasana rumah gaduh, bising, sumpek, dan dalam keadaan berantakan. Maupun karena adanya tekanan psikologis yang dirasakan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar